Risalah RUPS Luar Biasa Tahun 2018
home     berita

Risalah RUPS Luar Biasa Tahun 2018

Hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Bank Mandiri Taspen yang diselenggarakan hari Jumat, 30 November 2018 bertempat di Movenpick Resort – Jimbaran, Bali, sebagai berikut:

KEPUTUSAN RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM LUAR BIASA PT BANK MANDIRI TASPEN:

  1. Agenda I:   Persetujuan Perubahan Komposisi Pemegang Saham Sehubungan Dengan Pengalihan Sebagian Saham Perseroan Milik PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kepada PT Taspen (Persero).

       Keputusan:

  1. Menyetujui pengalihan 114.292.502 (seratus empat belas juta dua ratus sembilan puluh dua ribu lima ratus dua) saham yang mewakili 8,39% (delapan koma tiga sembilan persen) dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan milik Bank Mandiri kepada Taspen (“Pengalihan Saham”) yang akan berlaku efektif setelah terpenuhinya seluruh kondisi prasyarat dalam PPJB, termasuk persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan atas Pengalihan Saham serta berlaku efektifnya Pengalihan Saham tersebut sebagaimana tercantum pada Akta Jual Beli Saham (“Tanggal Efektif Pengalihan Saham”).
  2. Menyetujui perubahan komposisi Pemegang Saham Perseroan setelah Tanggal Efektif Pengalihan Saham menjadi sebagai berikut:
  1. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. memiliki 695.363.368 (enam ratus sembilan puluh lima juta tiga ratus enam puluh tiga ribu tiga ratus enam puluh delapan) saham dengan nominal seluruhnya  Rp347.681.684.000,- (tiga ratus empat puluh tujuh miliar enam ratus delapan puluh satu juta enam ratus delapan puluh empat ribu rupiah) yang mewakili 51,05% (lima puluh satu koma nol lima persen) dari seluruh saham dan disetor penuh pada Perseroan.
  2. PT. Taspen (Persero) memiliki 659.141.370 (enam ratus lima puluh sembilan juta seratus empat puluh satu ribu tiga ratus tujuh puluh) saham dengan nominal seluruhnya Rp329.570.685.000,- (tiga ratus dua puluh sembilan miliar lima ratus tujuh puluh juta enam ratus delapan puluh lima ribu rupiah) yang mewakili 48,39% (empat puluh delapan koma tiga sembilan persen) dari seluruh saham dan disetor penuh pada Perseroan.
  3. Ida Bagus Made Putra Jandhana memiliki 7.617.432 (tujuh juta enam ratus tujuh belas ribu empat ratus tiga puluh dua) saham dengan nominal seluruhnya Rp 3.808.716.000,- (tiga miliar delapan ratus delapan juta tujuh ratus enam belas ribu rupiah) yang mewakili 0.56% (nol koma lima enam persen) dari seluruh saham dan disetor penuh pada Perseroan.
  1. Memberikan kuasa dan wewenang penuh dengan hak substitusi  kepada Direksi untuk melakukan tindakan sebagai berikut :
  1. Menghadap pihak-pihak terkait yang berwenang, menghadiri rapat-rapat, meminta dan memberikan keterangan-keterangan terkait Pengalihan Saham tersebut;
  2. Melakukan setiap dan seluruh hal dan tindakan yang tepat yang dipersyaratkan atau diperlukan untuk menjalankan tujuan dan maksud dari persetujuan pada agenda Pertama ini serta pelaksanaannya;
  3. Apabila diperlukan mengajukan permohonan dan melakukan pengurusan atas pemberian persetujuan yang diperlukan, pelaporan, pendaftaran dan pengumuman oleh, pada atau melalui instansi yang berwenang mengenai Pengalihan Saham ini sebagaimana dipersyaratkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  1. Agenda II:  Persetujuan Penambahan Modal Dasar, Modal Ditempatkan Dan Modal Disetor Perseroan Dengan Pengeluaran Saham Baru Yang Akan Diambil Bagian Oleh Pemegang Saham Perseroan .

      Keputusan:

  1. Menyetujui perubahan Modal Dasar Perseroan yang semula sebanyak 362.122.170 (satu miliar tiga ratus enam puluh dua juta seratus dua puluh dua ribu seratus tujuh puluh) saham, dengan nilai nominal seluruhnya Rp68061.085.000 (enam ratus delapan puluh satu miliar enam puluh satu juta delapan puluh lima ribu rupiah) menjadi sebanyak 503.405.018 (satu miliar lima ratus tiga juta empat ratus lima ribu delapan belas) saham dengan nilai nominal seluruhnya sebesar Rp75702.509.000 (tujuh ratus lima puluh satu miliar tujuh ratus dua juta lima ratus sembilan ribu rupiah).
  2. Menyetujui perubahan Modal Ditempatkan dan Disetor Perseroan yang semula sebanyak 1.362.122.170 (satu miliar tiga ratus enam puluh dua juta seratus dua puluh dua ribu seratus tujuh puluh) saham, dengan nilai nominal seluruhnya Rp681.061.085.000 (enam ratus delapan puluh satu miliar enam puluh satu juta delapan puluh lima ribu rupiah) menjadi 1.502.614.918 (satu miliar lima ratus dua juta enam ratus empat belas ribu sembilan ratus delapan belas) saham dengan nilai nominal seluruhnya sebesar Rp751.307.459.000,- (tujuh ratus lima puluh satu miliar tiga ratus tujuh juta empat ratus lima puluh sembilan ribu rupiah).
  3. Menyetujui pengeluaran saham baru oleh Perseroan sebanyak 140.492.748 (seratus empat puluh juta empat ratus sembilan puluh dua ribu tujuh ratus empat puluh delapan) saham dengan harga penyetoran Rp539,- (tiga ribu lima ratus tiga puluh sembilan Rupiah) per saham yang akan diambil bagian dan disetor oleh pemegang saham Perseroan yakni Bank Mandiri danTaspen sesuai dengan persentase kepemilikan saham mereka di Perseroan setelah efektifnya pelaksanaan keputusan Agenda Pertama, dengan rincian yang disebutkan di bawah ini, setelah terpenuhinya seluruh persyaratan terkait pengeluaran saham baru oleh Perseroan serta penyetorannya oleh Bank Mandiri dan Taspen, sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku serta anggaran dasar Perseroan, Bank Mandiri, dan Taspen:
  1. Bank Mandiri mengambil bagian sejumlah 72.124.893 (tujuh puluh dua juta seratus dua puluh empat ribu delapan ratus sembilan puluh tiga) saham; dan
  2. Taspen mengambil bagian sejumlah 68.367.855 (enam puluh delapan juta tiga ratus enam puluh tujuh ribu delapan ratus lima puluh lima) saham.
  1. Pelaksanaan peningkatan Modal Ditempatkan dan Modal Disetor serta pengeluaran saham baru oleh Perseroan serta pengambilan bagian dan penyetoran atas saham baru tersebut oleh pemegang saham Perseroan sebagaimana dimaksud pada keputusan-keputusan di atas akan dicatatkan sebagai berikut
  1. Penambahan saham baru sejumlah 140.492.748 (seratus empat puluh juta empat ratus sembilan puluh dua ribu tujuh ratus empat puluh delapan) saham dengan nilai nominal keseluruhan sebesar Rp70.246.374.000 (tujuh puluh miliar dua ratus empat puluh enam juta tiga ratus tujuh puluh empat ribu rupiah) masing masing saham bernilai Rp500,- (lima ratus rupiah), dicatatkan sebagai penambahan Modal Ditempatkan dan Disetor Perseroan, sehingga setelah penambahan Saham Baru tersebut Modal Ditempatkan dan Modal Disetor Perseroan menjadi sebesar Rp751.307.459.000,- (tujuh ratus lima puluh satu miliar tiga ratus tujuh juta empat ratus lima puluh sembilan ribu rupiah).
  2. Sebesar Rp426.957.461.172,- (empat ratus dua puluh enam miliar sembilan ratus lima puluh tujuh juta empat ratus enam puluh satu ribu seratus tujuh puluh dua rupiah) yang merupakan saham baru yang diterbitkan dan diambil bagian oleh Pemegang Saham Perseroan dikali selisih harga antara harga pari saham sebesar Rp500,- (lima ratus rupiah) per saham dengan harga pasar Rp3.539,- (tiga ribu lima ratus tiga puluh sembilan rupiah) per saham akan dicatatkan sebagai agio saham.
  1. Bagian saham yang tidak diambil bagian oleh pemegang saham sejumlah 790.100 (tujuh ratus sembilan puluh ribu seratus) saham disimpan dalam simpanan/portepel dan akan dikeluarkan oleh Perseroan menurut keperluan pada waktu dan dengan cara, harga dan persyaratan yang ditetapkan oleh Rapat Umum Pemegang Saham dengan mengindahkan ketentuan Anggaran Dasar dan peraturan lainnya yang berlaku.
  2. Penyetoran modal oleh Bank Mandiri dan Taspen atas pengambilan bagian saham baru yang dikeluarkan oleh Perseroan sebagaimana dimaksud pada keputusan No.3 (tiga) agenda Rapat ini dilaksanakan secara tunai dan sekaligus sesuai waktu yang akan ditetapkan oleh Direksi Perseroan, dan dinyatakan efektif setelah terpenuhinya seluruh persyaratan terkait pengeluaran saham baru oleh Perseroan serta penyetorannya oleh Bank Mandiri dan Taspen, sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku serta anggaran dasar Perseroan, Bank Mandiri, dan Taspen dimana pelaksanaan penyetoran modal tersebut harus dilaporkan oleh Direksi kepada Dewan Komisaris Perseroan, termasuk mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara.
  3. Memberikan kuasa dan wewenang penuh dengan hak subtitusi kepada Direksi Perseroan untuk melakukan setiap dan seluruh hal dan tindakan yang tepat yang dipersyaratkan atau diperlukan untuk menjalankan persetujuan Agenda Kedua Rapat ini serta pelaksanaannya
  4. Seluruh keputusan pada Agenda Kedua Rapat akan berlaku efektif setelah pelaksanaan keputusan pada Agenda Pertama Rapat berlaku efektif.

 

  1. Agenda III:  Persetujuan Perubahan Komposisi Pemegang Saham Perseroan Sehubungan Dengan Pengambilan Bagian Saham Baru Oleh Pemegang Saham Perseroan.

      Keputusan:

  1. Dengan berlaku efektifnya pelaksanaan keputusan Agenda Kedua, menyetujui perubahan komposisi pemegang saham Perseroan sehubungan dengan pengambilan bagian saham baru yang diterbitkan Perseroan sejumlah 140.492.748 (seratus empat puluh juta empat ratus sembilan puluh dua ribu tujuh ratus empat puluh delapan) saham yang diambil bagian oleh Bank Mandiri dan Taspen, sehingga komposisi pemegang saham Perseroan menjadi sebagai berikut.
    1. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. memiliki 767.488.261 (tujuh ratus enam puluh tujuh juta empat ratus delapan puluh delapan ribu dua ratus enam puluh satu) saham dengan nominal seluruhnya Rp383.744.130.500,- (tiga ratus delapan puluh tiga miliar tujuh ratus empat puluh empat juta seratus tiga puluh ribu lima ratus rupiah) yang mewakili 51,077% (lima puluh satu koma nol tujuh tujuh persen) dari seluruh saham dan disetor penuh pada Perseroan.
    2. PT. Taspen (Persero) memiliki 727.509.225 (tujuh ratus dua puluh tujuh juta lima ratus sembilan ribu dua ratus dua puluh lima) saham dengan nominal seluruhnya Rp363.754.612.500,- (tiga ratus enam puluh tiga miliar tujuh ratus lima puluh empat juta enam ratus dua belas ribu lima ratus rupiah) yang mewakili 48,416% (empat puluh delapan koma empat satu enam persen) dari seluruh saham dan disetor penuh pada Perseroan.
    3. Ida Bagus Made Putra Jandhana memiliki 7.617.432 (tujuh juta enam ratus tujuh belas ribu empat ratus tiga puluh dua) saham dengan nominal seluruhnya Rp3.808.716.000,- (tiga miliar delapan ratus delapan juta tujuh ratus enam belas ribu rupiah) yang mewakili 0,507% (nol koma lima nol tujuh persen) dari seluruh saham dan disetor penuh pada Perseroan.
  2. Memberikan kuasa dan wewenang penuh dengan hak substitusi  kepada Direksi untuk melakukan tindakan sebagai berikut :
  1. Menghadap pihak-pihak terkait yang berwenang, menghadiri rapat-rapat, meminta dan memberikan keterangan-keterangan terkait rencana penerbitan saham tersebut;
  2. Melakukan setiap dan seluruh hal dan tindakan yang tepat yang dipersyaratkan atau diperlukan untuk menjalankan tujuan dan maksud dari persetujuan pada agenda Ketiga ini serta pelaksanaannya;
  3. Apabila diperlukan mengajukan permohonan dan melakukan pengurusan atas pemberian persetujuan yang diperlukan, pelaporan, pendaftaran dan pengumuman oleh, pada atau melalui instansi yang berwenang mengenai penerbitan saham ini sebagaimana dipersyaratkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

 

  1. Agenda IV:   Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan .

      Keputusan:

  1. Menyetujui mengubah pasal 4 ayat 1 dan 2 serta rincian dan nominal saham yang disebutkan pada bagian akhir Anggaran Dasar Perseroan, serta menambah 1 ayat menjadi Pasal 4 ayat 3  sehingga menjadi sebagai berikut :

Semula  :

MODAL

Pasal 4

     

Pasal 4 ayat 1    :

Modal Dasar Perseroan berjumlah Rp681.061.085.000,- (enam ratus delapan puluh satu miliar enam puluh satu juta delapan puluh lima ribu rupiah) terbagi atas 1.362.122.170 (satu miliar tiga ratus enam puluh dua juta seratus dua puluh dua ribu seratus tujuh puluh) saham, masing-masing saham bernilai Rp500,- (lima ratus rupiah).

 

Pasal 4 Ayat 2   :

Dari  Modal Dasar tersebut telah ditempatkan dan disetor 100 % (seratus persen) atau sejumlah 1.362.122.170 (satu miliar tiga ratus enam puluh dua juta seratus dua puluh dua ribu seratus tujuh puluh) saham dengan nilai nominal seluruhnya Rp681.061.085.000,- (enam ratus delapan puluh satu miliar enam puluh satu juta delapan puluh lima ribu rupiah)

 

Diubah menjadi   :

MODAL

Pasal 4

Pasal 4 ayat 1    :

Modal Dasar Perseroan berjumlah 751.702.509.000 (tujuh ratus lima puluh satu miliar tujuh ratus dua juta lima ratus sembilan ribu rupiah) terbagi atas 1.503.405.018 (satu miliar lima ratus tiga juta empat ratus lima ribu delapan belas ) saham, masing-masing saham bernilai Rp500,- (lima ratus rupiah).

 

Pasal 4 Ayat 2   :

Dari  Modal Dasar tersebut telah ditempatkan dan disetor 99,95 % (sembilan puluh sembilan koma Sembilan lima persen) atau sejumlah 1.502.614.918 (satu miliar lima ratus dua juta enam ratus empat belas ribu sembilan ratus delapan belas) saham dengan nilai nominal seluruhnya Rp751.307.459.000,-(tujuh ratus lima puluh satu miliar tiga ratus tujuh juta empat ratus lima puluh sembilan ribu rupiah).     

 

Pasal 4 Ayat 3:

Bagian saham yang belum dikeluarkan oleh Perseroan sejumlah 790.100 (tujuh ratus Sembilan puluh ribu seratus) saham disimpan dalam Simpanan/Portepel dan akan dikeluarkan oleh Perseroan menurut keperluan pada waktu dan dengan cara, harga dan persyaratan yang ditetapkan oleh Rapat Umum Pemegang Saham dengan mengindahkan ketentuan Anggaran Dasar dan peraturan lainnya yang berlaku

Pada bagian akhir Anggaran Dasar menjadi sebagai berikut :

Semula :

Akhirnya, para penghadap masing-masing bertindak dalam kedudukannya sebagaimana tersebut di atas menerangkan bahwa :

Modal ditempatkan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat 2 telah diambil bagian dan disetor penuh dengan uang tunai melalui kas Perseroan, oleh Para Pemegang saham.

  1. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. memiliki 809.655.870 (delapan ratus sembilan juta enam ratus lima puluh lima ribu delapan ratus tujuh puluh) saham dengan nilai nominal seluruhnya Rp404.827.935.000,- (empat ratus empat miliar delapan ratus dua puluh tujuh juta sembilan ratus tiga puluh lima ribu rupiah) yang mewakili 59,44% (lima puluh sembilan koma empat empat persen) dari seluruh saham dan disetor penuh pada Perseroan.
  2. PT. Taspen (Persero) memiliki 544.848.868 (lima ratus empat puluh empat juta delapan ratus empat puluh delapan ribu delapan ratus enam puluh delapan) saham dengan nilai nominal seluruhnya Rp272.424.434.000 (dua ratus tujuh puluh dua miliar empat ratus dua puluh empat juta empat ratus tiga puluh empat ribu rupiah) yang mewakili 40.00% (empat puluh persen) dari seluruh saham dan disetor penuh pada Perseroan.
  3. Ida Bagus Made Putra Jandhana memiliki 7.617.432 (tujuh juta enam ratus tujuh belas ribu empat ratus tiga puluh dua) saham dengan nilai nominal seluruhnya sebesar Rp3.808.716.000,- (tiga milyar delapan ratus delapan juta tujuh ratus enam belas ribu rupiah) yang mewakili 0,56% (nol koma lima enam persen) dari seluruh saham dan disetor penuh pada Perseroan.

Diubah Menjadi:

Akhirnya, para penghadap masing-masing bertindak dalam kedudukannya sebagaimana tersebut di atas menerangkan bahwa :

Modal ditempatkan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat 2 telah diambil bagian dan disetor penuh dengan uang tunai melalui kas Perseroan, oleh Para Pemegang saham :

  1. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. memiliki 767.488.261 (tujuh ratus enam puluh tujuh juta empat ratus delapan puluh delapan ribu dua ratus enam puluh satu) saham dengan nilai nominal seluruhnya Rp383.744.130.500 (tiga ratus delapan puluh tiga miliar tujuh ratus empat puluh empat juta seratus tiga puluh ribu lima ratus rupiah) yang mewakili 51,077% (lima puluh satu koma nol tujuh tujuh persen) dari seluruh saham dan disetor penuh pada Perseroan.
  2. PT Taspen (Persero) memiliki 727.509.225 (tujuh ratus dua puluh tujuh juta lima ratus sembilan ribu dua ratus dua puluh lima) saham dengan nilai nominal seluruhnya Rp363.754.612.500,- (tiga ratus enam puluh tiga miliar tujuh ratus lima puluh empat juta enam ratus dua belas ribu lima ratus rupiah) yang mewakili  48,416% (empat puluh delapan koma empat satu enam persen) dari seluruh saham dan disetor penuh pada Perseroan.
  3. Ida Bagus Made Putra Jandhana memiliki 7.617.432 (tujuh juta enam ratus tujuh belas ribu empat ratus tiga puluh dua) saham dengan nilai nominal seluruhnya sebesar Rp3.808.716.000,- (tiga miliar delapan ratus delapan juta tujuh ratus enam belas ribu rupiah) yang mewakili  mewakili 0,507% (nol koma lima nol tujuh persen) dari seluruh saham dan disetor penuh pada Perseroan.
  1. Memberikan kuasa dan wewenang penuh dengan hak substitusi  kepada Direksi untuk melakukan tindakan sebagai berikut :
  1. Menghadap pihak-pihak terkait yang berwenang, menghadiri rapat-rapat, meminta dan memberikan keterangan-keterangan terkait rencana Perubahan Perubahan Anggaran Dasar tersebut;
  2. Melakukan setiap dan seluruh hal dan tindakan yang tepat yang dipersyaratkan atau diperlukan untuk menjalankan tujuan dan maksud dari persetujuan pada agenda Keempat ini serta pelaksanaannya;
  3. Apabila diperlukan mengajukan permohonan dan melakukan pengurusan atas pemberian persetujuan yang diperlukan, pelaporan, pendaftaran dan pengumuman oleh, pada atau melalui instansi yang berwenang mengenai Perubahan Anggaran Dasar ini sebagaimana dipersyaratkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Perubahan Anggaran Dasar dimaksud dinyatakan efektif setelah berlaku efektifnya pelaksanaan keputusan Agenda Kedua Rapat serta setelah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan dan instansi terkait lainnya

 

Denpasar, 5 Desember 2018

PT. Bank Mandiri Taspen

TTD

Direksi