Whistleblowing system
home     tentang kami

Whistleblowing system

Nasabah dan mitra kerja yang terhormat,

Bank Mantap berkomitmen membangun lingkungan bisnis yang sehat, berintegritas, dan bertujuan untuk menjadi Bank terpercaya dalam memberikan layanan berkualitas.

Untuk menjaga komitmen tersebut, kami memiliki sarana pelaporan whistleblowing system (WBS). WBS memberikan kesempatan bagi Anda untuk melaporkan dugaan pelanggaran hukum atau fraud, pelanggaran kode etik, maupun pelanggaran benturan kepentingan yang dilakukan oleh internal Bank Mantap.

Kami akan memproses lebih lanjut pengaduan yang memenuhi  syarat dan kriteria, apabila pelapor memberikan informasi identitas diri berupa nama (diperbolehkan anonim) serta nomor telepon/e-mail yang bisa dihubungi. Kami menjamin kerahasiaan data diri pelapor.

Pelapor sekurangnya harus dapat menjelaskan apa yang terjadi (what), pihak yang terlibat (who), waktu kejadian (when), lokasi kejadian (where), dan bagaimana terjadinya (how).

 

Fraud

Tindakan penyimpangan atau pembiaran yang sengaja dilakukan untuk mengelabui, menipu atau memanipulasi Bank, nasabah, atau pihak lain yang terjadi di lingkungan Bank dan/atau menggunakan sarana Bank sehingga mengakibatkan Bank, nasabah, atau pihak lain menderita kerugian dan/atau pelaku fraud memperoleh keuntungan keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Jenis-jenis perbuatan yang tergolong fraud adalah
1.    kecurangan,
2.    penipuan,
3.    penggelapan aset,
4.    pembocoran informasi,
5.    tindak pidana perbankan (tipibank) dan tindakan-tindakan lainnya yang dapat dipersamakan dengan itu (SP Strategi Anti Fraud).

 

Kode etik

Perilaku jajaran Bank yang tidak sesuai dengan budaya perusahaan yang telah dirumuskan untuk mencapai visi dan misi Bank.

 

Benturan Kepentingan

suatu kondisi dimana anggota jajaran Bank dalam menjalankan tugas dan kewajibannya mempunyai kepentingan diluar kepentingan dinas, baik yang menyangkut kepentingan pribadi, keluarga, maupun kepentingan pihak-pihak lain sehingga anggota jajaran Bank tersebut dimungkinkan kehilangan objektivitasnya dalam mengambil keputusan dan kebijakan sesuai kewenangan yang telah diberikan Bank kepadanya. (Arsitektur Kebijakan Bank Mantap).

 

Gratifikasi

penerimaan/pemberian dalam arti luas, antara lain penerimaan/pemberian uang atau yang dapat dipersamakan dengan uang, barang, rabat (discount), membership, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket (perjalanan/wisata/konser dan lain-lain), fasilitas penginapan, paket perjalanan (wisata/ibadah/dinas dan lain-lain), beasiswa, pengobatan cuma-cuma dan fasilitas lainnya baik yang diterima di dalam negeri maupun di luar negeri, yang dilakukan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik. (SP Gratifikasi).

Kirimkan laporan WBS Anda melalui e-Form di bawah ini.

Terima kasih atas kepedulian dan kepercayaan Anda kepada kami.

Salam


Formulir Pelaporan Whistleblowing System Bank Mantap